Ananda’s Neo Kundalini Yoga – Day 2

Sebelum pukul 05 pagi para peserta sudah memasuki aula As Salam untuk memulai latihan Ananda’s Neo Kundalini Yoga pada hari ke dua, para peserta duduk hening sambil memperhatikan nafas yang keluar dan masuk guna mengendalikan pikiran agar lebih santai dan relaks. Diiringi musik lembut para peserta masuk, memulai perjalanan ke dalam dirinya masing-masing.

Latihan Cakra Ke Dua

Tepat pukul 05.30 latihan Yoga dimulai dengan memberdayakan cakra ke dua, dimana cakra ke dua ini kerap kali dikenal sebagai cakra sex. Diterangkan oleh fasilitator, bahwa  dengan memberdayakan cakra seks ini dapat membuat seseorang menjadi kreatif, sehingga seseorang akan mampu mengoptimalkan semua potensinya. Setiap individu yang terlahir telah dibekali oleh potensi, namun karena satu dan lain hal sering kali potensi itu tidak berkembang. Dengan memperdayakan cakra ini maka semua potensi yang belum berkembang itu akan mampu dibangkitkan dan digunakan untuk mengisi kehidupan.

Dengan antusias, para peserta mengikuti latihan yang berlangsung selama 30 menit, sebelum diadakan sesi tanya – jawab.

Setelah mandi dan membersihkan tubuh kemudian sarapan, para peserta mengikuti program Anand Ashram yang berisikan makna dan tujuan dari One Earth One Sky One Humankind, kemudian para peserta saling berdiskusi tentang segala hal bagaimana memujudkan One Earth One Sky One Humankind.

Setelah berdiskusi kemudian masuk ke break time, dimana para peserta menikmati minuman dan snack sambil bertukar cerita dan pengalaman. Sungguh pemandangan yang luar biasa dimana peserta yang berasal dari status sosial, profesi, agama, suku yang berbeda dapat duduk bersama dan saling mengapresiasi satu dengan lainnya. Tak jarang humor mewarnai, yang disambut dengan gelak tawa menambah akrab suasana.

Latihan Cakra Ke Tiga

Pada pukul 11.00 kembali semua peserta memasuki ruangan As Salam untuk melanjutkan latihan pemberdayaan cakra ke tiga, fasilitator menjelaskan bahwa energi kreatif yang di dapat dari cakra ke dua harus segera dinaikan agar tidak menjadi liar. Karena jika menjadi liar, energi kreatif itu justeru akan merugikan banyak orang, dicontohkan bahwa para koruptor itu adalah para manusia kreatif. Namun kreatifnya tidak terkendali sehingga dapat merugikan orang lain dan juga akan merugikan diri sendiri, dengan memberdayakan cakra ketiga ini seseorang akan mampu menggunakan energi kreeatifnya untuk memulyakan kehidupannya sendiri dan juga kehidupan orang lain.

Dengan semangat para peserta retreat Ananda’s Neo Kundalini Yoga mengikuti pelatihan selama 30 menit. Latihan-latihan tersebut memang dirancang sedemikian rupa oleh Anand Krishna, seorang aktivis spiritual lintas agama.  Latihan ini memang diperuntukan memenuhi kebutuhan manusia modern sehingga waktunya pun tidak terlalu lama, pas untuk manusia modern.

Latihan Ananda’s Neo Kundalini Yoga tidak capai dan membuat badan menjadi menderita karena harus melakukan postur-postur tertentu yang menyulitkan, bahkan tidak sampai keringatan. Sehingga tubuh benar-benar nyaman, dan pikiran menjadi tenang. Karena latihan Ananda’s Neo Kundalini Yoga ini tidak hanya untuk kebutuhan pisik saja.

Dengan hati penuh kegembiraan para peserta menyelesaikan latihan, dan setelah melakukan tanya – jawab, para peserta kemudian menikmati makan siang dengan menu vegetarian.

Creative Time

Setelah makan siang dan istirahat, para peserta kembali berkumpul di As Salam dan mengikuti program creative time, dimana para peserta dibagi menjadi tiga kelompok dan masing-masing kelompok diminta untuk membuat suatu pertunjukan dengan tema tertentu.

Pada malam harinya para peserta akan menampilkan hasil kreasinya masing-masing di dalam acara Sufi Mehfil, dengan penuh kegembiraan para peserta mulai berkreasi, setelah selesai menuangkan ide dan latihan para peserta kemudian istirahat.

Latihan Cakra Ke Empat

Pada pukul 16.30 para peserta kembali mengikuti pelatihan yang memasuki pemberdayaan cakra ke empat, setelah latihan dilakukan tanya – jawab.

Setelah makan malam hingga pukul 21.30 diadakan acara Sufi Mehfil yang emrupakan acara rutin setiap dua minggu sekali yang diadakan di One Earth, acara berlangsung begitu meriah dan penuh dengan kegembiraan.

Setelah pukul 21.30 para peserta menikmati air jahe hangat dan kemudian masuk ke dalam kamar untuk beristirahat dengan hati yang dipenuhi rasa kegembiraan.

Informasi tentang Program ini dan One Earth Retreat Centre, bisa menghubungi Ibu Norma di 0816 785 070 atau Isty di 0818 0894 1999 atau email ke info@oneearthretreat.com

Related Posts