Ananda’s Neo Kundalini Yoga – Day 1

One Earth Retreat Center  mengadakan program retreat Ananda’s Neo Kundalini Yoga, diikuti oleh sekitar 30-an orang dari Jakarta, Bogor, Bandung, Jogja, Blitar, Bali, Lampung, Tanjung Pinang dan Maumere.  Joehanes Budiman menjelaskan bahwa One Earth Retreat Center adalah sebuah tempat untuk menarik diri dari keramaian dunia, agar seseorang dapat melakukan intropeksi terhadap dirinya sendiri. Sehingga dapat mengetahui apa yang menjadi keinginannya dalam mengisi kehidupan, agar program retreat dapat terasa manfaatnya maka dilakukan serangkaian kegiatan latihan meditasi.

Latihan-latihan yang diberikan adalah berasal dari Anand Krishna yang sudah teruji manfaatnya selama belasan tahun, secara rutin One Earth Retret Center mengadakan program retreat selama 2 mingguan. Khusus untuk minggu ini latihan yang diberikan untuk mengisi program retreat adalah Ananda’s Neo Kundalini Yoga.

Ananda’s Neo Kundalini Yoga adalah latihan yoga yang dipopulerkan oleh Patanjali, lima ribu tahun yang lalu yang kemudian dihantarkan ke Indonesia oleh Anand Krishna. Pada hari pertama ini latihan dipimpin oleh Norma Harsono memberikan latihan Muladhar untuk memperdayakan cakra 1 dimana merupakan cakra dasar. Dijelaskan oleh Norma Harsono bahwa latihan-latihan pemberdayaan diri melalui Yoga akan dapat membantu untuk meningkatkan kesadaran, karena tehnik latihan Ananda’s Neo Kundalini Yoga tidak hanya memperhatikan unsur pisik saja. Latihan tersebut dirancang khusus untuk meningkatkan kesadaran dan mengendalikan pikiran, jika pikirannya sudah terolah dan terberdayakan maka secara otomatis kesehatan pisik akan dapat dirasakan.

Dikisahkan oleh Norma Harsono tentang seorang peserta Yoga yang menanyakan kepada seorang Guru Yoga, “Apa tandanya seseorang sudah sadar ?”

Dan Guru Yoga itu menjawab, “Jika kamu mengingat dimana kamu meletakan sandalmu, dan ada apa yang ada didepan dan belakang sandal itu, maka kamu sudah sadar”.

Ternyata sangat remeh temeh dan berkesan sepele, dan inilah tujuan memberdayakan cakra pertama yaitu agar kita tidak lagi mengangap remeh pada sesuatu hal, sehingga dapat lebih teliti. Dan dengan ketelitian itu kita akan mampu memperbaiki diri sendiri dengan memilah mana yang tepat dan yang tidak tepat untuk diri kita.

Setelah latihan yang dimulai pada pukul 20.00 dilakukan sesi sharing bagi peserta untuk menanyakan atau berbagi pengalaman yang dirasakan selama latihan, dengan antusias para peserta memanfaatkan sesi itu.

Latihan akan kembali dilakukan esok hari pada pukul 05.00 pagi dengan duduk hening, dan setelah itu baru memasuki latihan Yoga untuk memberdaya cakra kedua Svadishthana.

Informasi tentang Program ini dan One Earth Retreat Centre, bisa menghubungi Ibu Norma di 0816 785 070 atau Isty di 0818 0894 1999 atau email ke info@oneearthretreat.com

Related Posts