Meditasi Bantu Atasi Rasa Takut

One Earth Retreat (OE) Ciawi, Bogor (28/2/2020) – Siang itu, wajah I Putu Suyasa terlihat sumringah. Hari ini ia baru saja mengikuti latihan ke lima atau yang terakhir dari lima rangkaian utuh latihan yang diberikan pada kelas Meditasi Pemberdayaan Diri – Ananda’s Neo Self Empowerment.

Meski hujan gerimis sejak pagi, ia tetap melaju dari Bogor agar bisa tetap berlatih meditasi hari ini.

Latihan Bersama peserta Meditasi Pemberdayaan Diri dengan peserta Retreat Total Sukses.

I Putu Suyasa (61) mengaku latihan Emotion Culturing lebih sering ia praktekkan di rumah. Latihan ini merupakan salah satu latihan meditasi dari lima latihan yang diberikan pada Kelas Meditasi Pemberdayaan Diri di Pusat Pelatihan Meditasi Bogor – One Earth Meditation Retreat Center, Ciawi, Bogor.

I Putu Suyasa merasa sangat cocok dengan latihan Emotion Culturing – Membudayakan Emosi – karena dapat memperbaiki siklus napasnya yang sebelumnya tidak teratur. Setelah mengikuti kelas meditasi di Pusat Pelatihan Meditasi Bogor ia pun menilai kesehatannya semakin terjaga.

Satu keluhannya lagi adalah ia tidak tahan akan suhu udara yang ekstrim seperti terlalu dingin atau panas. Bila itu terjadi, maka telinganya bisa mendengung dan mata gatal. Tetapi setelah mempraktekkan beberapa kali teknik meditasi yang didapat di rumah, maka keluhan pada telinga dan mata pun teratasi.

“Sampai sekarang alergi saya tidak kambuh lagi,”ceritanya senang.

“Suasana One Earth Meditation Retreat Center (One Earth) sangat spesial, sepertinya memiliki vibrasi energi yang damai, sangat beda dengan suasana di luar,” komentar I Putu Suyasa yang merupakan pensiunan BUMN Telkom.

“Ada beberapa manfaat hasil Meditasi Pemberdayaan Diri yang saya alami, seperti: cara pandang lebih terbuka; emosi lebih terkendali; hubungan dengan anggota keluarga lebih hangat dibanding sebelumnya; lebih peduli dengan orang lain,”tambahnya.

“Dulu bila dengar kata “kematian” saya merasa sangat takut sekali, namun sekarang tidak lagi. Semua ini berkat latihan meditasi yang rutin saya lakukan,” imbuhnya.    

Bapak I Putu Suyasa

Sampai sekarang, I Putu Suyasa tetap rajin berlatih meditasi di One Earth Ciawi, Bogor. Ia bersama teman-temannya yang merasakan manfaat latihan meditasi sering berbagi pengalaman dan berdiskusi tentang perjalanan batin. Senang juga usai latihan meditasi pagi, kemudian dilanjutkan makan siang vegetarian di Joy Cafe, masih di komplek One Earth. (Dep)