Aturan Ashram Discipline

Home Aturan Ashram Discipline

One Earth Retreat Centre
Penginapan untuk Pejalan Spiritual

Sebagaimana Ashram atau Kelompok Spiritual lainnya, Anand Ashram juga terbuka untuk semua Peziarah atau Pejalan Spiritual yang berniat mendevosikan diri mereka untuk Perjalanan ke Dalam DiriSadhana atau Praktek Spiritual, Meditasi, Yoga, Seva atau Kegiatan Pelayanan, serta Satsang atau Berada Bersama Para Pencari Kebenaran. Tempat ini tentu saja BUKAN dimaksudkan sebagai tempat untuk berpiknik, berekreasi, berbisnis, dan sebagainya.

Peziarah yang tinggal di Ashram ini, diharuskan untuk mematuhi dan mentaati kebenaran, tindakan tanpa-kekerasan, disiplin diri serta etiket sopan santun. Antara lain :

  • Semua peziarah disarankan mengikuti seluruh kegiatan harian di Ashram seperti Meditasi/Chanting Pagi untuk Membangkitkan Matahari Kesadaran dalam diri; Agni Hotra, Upacara Pembersihan dengan Api di Pagi hari; Yoga, Meditasi Tengah hari; Meditasi saat Matahari Terbenam; serta Satsang/Wacana/Kirtan pada malam hari, dan sebagainya. Yang mana, Sesi Pagi dan Malam adalah Wajib. Jika tidak dilakukan, tidak ada alasan untuk tinggal di Ashram.
  • Bersama meditasi, seva atau pelayanan adalah bagian penting dan integral dari sadhana Selain menjaga ruangan kamar tetap bersih serta mencuci piring masing-masing, semua pencari spiritual yang tinggal di ashram yang berada dalam keadaan fit dan mampu, diharapkan berkontribusi  minimum 2 jam sehari untuk melakukan pelayanan tanpa pamrih seperti berkebun, melakukan pekerjaan menggunakan komputer, editing dan/atau menerjemahkan literatur-literatur spiritual dan lain-lain, sebagaimana ditugaskan. Berbincang-bincang atau bergosip yang tidak perlu bersama orang lain, seharusnya dihindari.
  • Ashram bukanlah sebuah hotel atau guest-house. Selama tinggal di Ashram, para pengunjung disarankan untuk menjauhkan diri dari tempat-tempat kunjungan, yang mungkin akan mengganggu perhatian mereka dari niat awal mereka. Mereka yang ingin mengunjungi tempat-tempat tersebut sebaiknya melakukannya sebelum tiba di Ashram, atau setelah pergi dari Ashram.
  • Semua peziarah (baik pria maupun wanita) diharuskan berpakaian dengan sopan dan rapi, dengan cara demikian menunjukkan rasa hormat terhadap tradisi kehidupan di Ashram. Kami mohon mereka tidak memakai celana pendek, baju tanpa lengan/berkerah rendah, jeans ketat, atau pakaian yang terbuka. Pakaian-pakaian yang ideal adalah seperti jubah kurta India (kemeja longgar panjang hingga ke lutut serta celana panjang). Atau, pakaian tradisional Bali untuk para pria.
  • Seorang peziarah diperbolehkan tinggal di Ashram untuk kurun waktu maksimum 15 hari pada kunjungan pertama. Periode ini dapat diperpanjang hanya setelah mendapat izin dari Manajemen Ashram. Terkait masalah perpanjangan waktu, ada kemungkinan akomodasinya dipindahkan.
  • Pada saat dimana administrasi meminta peziarah untuk pergi (bahkan sebelum akhir dari 15 hari pertama), peziarah harus mengosongkan ruangan secepatnya.
  • Orang asing atau orang yang tidak disebutkan atau tertera di dalam formulir pendaftaran tidak diperbolehkan untuk diundang atau dijamu di dalam kamar.
  • Jika seorang peziarah harus pergi keluar selama dua atau tiga hari, ia harus memberitahu manajer, dan menitipkan kunci kamarnya pada penjaga Ashram. Jika ia harus pergi lebih dari tiga hari, ia harus mengosongkan ruangannya. Mengunci kamar tanpa memberikan informasi pada manajemen tidak diperbolehkan. Jika diperlukan, manajemen akan membuka ruangan dengan cara merusak kuncinya.
  • Adalah tanggung jawab peziarah untuk menjaga ruangan kamarnya tetap bersih dan rapi. Kamar-kamar seharusnya tetap pada kondisi yang sama seperti sediakala.
  • Mohon tidak memetik bunga atau membuang sampah sembarangan.
  • Jika anda makan di Ashram, mohon hadir tepat waktu. Makanan hanya disajikan selama waktu yang ditentukan.
  • Dilarang bermain kartu, menggunakan radio atau TV (kecuali anda menggunakannya secara pribadi dengan earphones).
  • Tidak diperkenankan membawa hewan peliharaan.
  • Berikut ini adalah hal-hal yang dilarang dengan ketat: merokok, minum minuman keras, menggunakan obat-obatan terlarang, makan makanan non-vegetarian, bermain kartu, menonton televisi, menyetel radio atau tape dengan volume keras.
  • Tak seorangpun mendapat hak dan izin untuk penyewaan tempat.
  • Tiap peziarah harus mengosongkan akomodasi pada hari yang ditetapkan, bahkan sebelum managemen meminta untuk melakukan.
  • Jika anda ingin menyumbang untuk kegiatan-kegiatan Pelayanan dan Kemanusiaan Ashram yang manapun, mohon meminta tanda terima dari donasi anda. Mohon merinci pada kegiatan mana anda akan menyumbang (seperti  makanan untuk orang miskin, sekolah, gurukuls/para yatim-piatu, medical camparatiyagna, akomodasi, program yoga dan meditasi, program lingkungan, pengembangan daerah pedesaan, dan sebagainya).
  • Mohon tidak memaksa seseorang dengan cara memberikan uang, pakaian atau tip dalam bentuk apapun secara langsung. Hal ini akan mempengaruhi disiplin dan manajemen Ashram serta mempengaruhi keilahian, perasaan devosi di antara individu yang ada di sini secara negatif. Bantuan apapun yang anda berikan, mohon mendonasikannya ke kantor, dan kemudian akan didistribusikan ke bagian yang paling membutuhkan.
  • Selama memungkinkan, pengunjung TIDAK tiba di ashram pada jam-jam yang tidak biasa/tidak lazim. Keheningan Ashram dijaga mulai pukul 10.00 malam hingga 6.00 pagi.

 

  • Aturan Berpakaian untuk para Pengunjung yang bertamu : 
  1. Atasan lengan pendek atau panjang yang menutupi bahu.
  1. Pakaian ber-rok panjang, atau celana yang menutupi lutut.
  1. Pria dapat memakai Saput (sarung Bali) serta hiasan kepala, tapi tidak diwajibkan.
  1. Disarankan memakai selendang di pinggang bersama pilihan pakaian di atas.
  1. Untuk kenyamanan para pengunjung, Toko Ashram menjual sarung, selendang, pakaian dan lainnya.

 

Pengurus One Earth Retreat Centre

Pengurus Anand Ashram Foundation

 

Share This