About

Home About

IMG_2543Retreat adalah kegiatan menarik diri sejenak dari keramaian dunia, dan mulai melakukan perjalanan ke dalam diri. Kegiatan menarik diri dari keramaian ini merupakan bagian terintegrasi dari para pencari spiritual dalam tradisi semua agama di dunia.

Dalam tradisi Buddha, retreat adalah bagian yang tak terpisahkan dari latihan mengkoneksi diri dengan jiwa kita sendiri.

Dalam tradisi Kristen, retreat dipopulerkan oleh St Ignatius Loyola (1491 – 1556) sebagai bagian dari Latihan Spiritual. St. Ignatius Loyola sendiri kemudian di tahun 1922, diangkat oleh Paus Pius XI sebagai Pelindung bagi Umat Katholik ketika melakukan retreat spiritual.

Sedangkan dalam tradisi Islam, Retreat adalah latihan meditasi yang sangat penting dalam misi pencarian jiwa sejati di dalam komunitas Sufi. Buku Journey to the Lord of Power (Risālat al-Anwār) karya Guru Sufi Muhiyid-Did Ibn Arabi, adalah sebuah paduan untuk perjalanan ke dalam diri (Inner Journey).

Dalam tradisi Sufi juga dikenal terminologi Khalwa (Khalwat), atau Retreat dalam arti literal, tapi arti yang lebih mendalamnya adalah latihan menafikan keinginan duniawi (Desire) untuk mempersiapkan Keberadaan Illahi (Divine Presence). Untuk lebih sempurna, para Sufi akan melantunkan nama Tuhan secara terus menerus sebagai bentuk tertinggi dari Zikr (Meditasi Mengingatkan diri pada Tuhan). Latihan ini biasanya dilakukan secara rutin dengan pengawasan seorang Guru.

Demikian juga dalam tradisi Hindu, dikenal istilah Menyepi untuk merenungkan dan mengevaluasi diri serta mengisi hari-hari tersebut dengan mendekat diri pada Yang Maha Kuasa.

Dalam versi yang lebih modern, retreat adalah meninggalkan rutinitas sehari-hari selama akhir pekan (tapi tidak terbatas sampai beberapa minggu), dengan tujuan untuk melepaskan kepenatan dan stres dalam menghadapi rutinitas kerja sehari-hari dengan mengisinya hari-hari ini dengan bermeditasi, mengikuti program pemberdayaan diri, ataupun program-program latihan Yoga.

Under the auspices of Anand Ashram Foundation

Komunitas InterFaith Anand Ashram yang terdiri dari berbagai macam latar belakang agama, suku, etnis, status sosial dan pendidikan mengapresiasi dan melestarikan segala teknik meditasi dan retreat yang berasal dari berbagai tradisi agama dan budaya ini, serta menawarkannya dalam berbagai program-program pemberdayaan diri dan pengembangan gaya hidup sehat.

One Earth Retreat Centre (under the auspices of Anand Ashram Foundation) didirikan sejak tahun 2000 oleh Aktivis Spiritual Lintas Agama (InterFaith) Anand Krishna, PhD sebagai bagian dari sarana untuk menarik diri sejenak dari keramaian di luar diri, Selama menarik diri ini, waktu digunakan seefektif mungkin untuk merenungkan dan mengevaluasi diri sebelum kemudian memberdayakan diri. Semuanya ini adalah bagian dari perjalanan menuju ke dalam diri untuk menemukan jati diri sejati dan kebahagiaan sejati.

Sebagai bagian yang tak terpisahkan, dan berada di bawah pengawasan dari Yayasan Anand Ashram sebagai Pusat Kesehatan Holistik dan Meditasi (Centre for Holistic Health and Meditation), One Earth Retreat Centre, menawarkan program-program pelatihan diri untuk mempromosikan gaya hidup sehat, dan mengembangkan secara maksimal potensi diri. Semua program-program ini dirancang oleh Bapak Anand Krishna dan telah teruji kefektifitasnya oleh ribuan orang sejak tahun 1991.

Sejak tahun 2000, One Earth Retreat Centre telah menjadi saksi bagi lahirnya lembaga-lembaga lainnya yang mendedikasikan dirinya terhadap kesehatan jiwa manusia dan pendidikan, seperti Forum Kesehatan Jiwa (FKJ), Institut Pendidikan Holistik, dan ForADokSi BIP (Forum Pengajar, Dokter dan Psikolog Bagi Ibu Pertiwi).

Visi One Earth Retreat Centre adalah Satu Keluarga Besar Umat Manusia hidup bersama secara harmonis di atas Satu Bumi dan di bawah Satu Langit.

Dan untuk mencapai visi tersebut, Misi One Earth Retreat Centre adalah Memberikan Pengalaman Hidup Bersama dalam satu komunitas dengan mengisi hari-harinya dengan memberdayakan, dan merevitalisasikan diri lewat perjalanan ke dalam diri.

One Earth Retreat – Centre for Wellbeing and Self-Employement

Where your #InnerJourney starts here!

Share This